Kamis, 18 Juli 2013

Beberapa pengertian XML

Ada beberapa hal dalam suatu .xml yg harus dipahami sebelum ngubek string2nya.. tapi dalam hal ini ane gak akan terlalu banyak menjelaskannya dengan alasan terlalu banyak perintah2 xml yg harus dijelaskan dan tidak muat. Jadi selebihnya bisa dipahami sendiri.

Sebelum membahas sebuah perintah xml ada baiknya memahami apa itu xml dalam sebuah aplikasi khususnya dalam hal ini untuk android.

XML (eXtended Markup Languange) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.
XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.

Beberapa contoh perintah XML :
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<resources>
<string name=”app_name”>String</string>
<string name=”btn_name”>Fvckin AssHole:</string>
<string name=”funky_format”>This app made by awesome man for awesome user</string> </resources>

======================================================

Dimulai dari perintah xml pada "Layout"
Layout adalah dimana tempat xml untuk memerintahkan atau membangun sebuah "layout" untuk sebuah tampilan pada android. Semisal statusbar.xml dan lain halnya.
untuk sekarang kita bahas dari layout statusbar.xml



====================================
1. <LinearLayout bla bla bla </LinearLayout>

====================================
Perintah linear layout ini digunakan sebagai layout untuk sebuah konten yang membutuhkan layout sendiri. contoh :
<LinearLayout android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true">
        <com.android.systemui.statusbar.CenterClock android:textAppearance="@android:style/TextAppearance.StatusBar.Icon" android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:singleLine="true" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true" /> </LinearLayout>


=====================================================
2. android:gravity="center" android:layout_gravity="center" android:orientation="horizontal" android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="fill_parent" android:layout_weight="1.0" android:layout_centerInParent="true"
=====================================================
adalah perintah untuk menentukan posisi layout yg diinginkan



=====================================
3. <com.android.systemui.statusbar.CenterClock
=====================================
adalah directory perintah utama atau dalam android biasa disebut smali/baksmali

=====================================
4. <ImageButton
=====================================
adalah perintah konten untuk menampilkan sebuah gambar yg berfungsi "button" atau tombol. perlu diingat untuk perintah ini dibutuhkan sebuah parent layout jadi sebelum coding ke <ImageButton> sebelumnya harus mempunyai line <linearlayout> lalu diteruskan dengan <ImageButton> dan ditutup dengan </LinearLayout>

=====================================
5. android:background
=====================================
adalah perintah untuk menampilkan sebuah background/latar belakang untuk sebuah konten atau parent layout. perintahnya seperti berikut :
<com.blabla.bla android:background="@drawable/fvckinbackground"> untuk tulisan fvckinbackground sendiri itu mempunyai dua kemungkinan yaitu antara gambar berekstensi .png, .jpg atau bisa dengan perintah lagi yaitu xml. tapi untuk android background sendiri kebanyakan hanya langsung menjadi gambar. sedangkan untuk konten seperti tombol biasanya dilarikan ke xml dimana perintah xml tujuan akan memerintahkan beberapa tombol yg berfungsi, focus, press dll (berdasarkan codingannya).

=====================================
6. android:textColor dan android:textSize
=====================================
adalah perintah untuk mengganti warna pada konten text.. pada perintah ini pun bisa dilarikan ke xml lagi atau ditulis secara langsung.

=====================================
7. dip dan px
=====================================
adalah "ukuran" baik untuk konten gambar atau text. untuk android sendiri kebanyakan menggunakan dip sedangkan saya sendiri menggunakan px (pixel). saya sendiri menggunakan pixel agar lebih mudah untuk menghitung khususnya untuk konten bergambar.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

gan klo tombolnya pengen auto perintahnya gmn?selain press sm focus ada yang lain?

Posting Komentar